Kamis, 28 Mei 2009

SERI MOTIVASI: membuat mimpi menjadi nyata (bag 3)

TEMUKAN NILAI DIRI ANDA

Tidak ada pohon mahal ketika masih berdiri tegak di tengah hutan.
Tidak ada air yang mahal ketika masih ada di pegunungan.
Dan tidak ada ikan yang mahal ketika masih berenang di lautan
(Aris Ahmad Jaya, ABCo)

Setiap individu memiliki bakat dan potensi yang berbeda dalam diri mereka. Seorang yang sukses adalah mereka yang mampu melihat bakat dan potensi yang dimilikinya serta mampu mengembangkan bakat dan potensinya tersebut.

Banyak orang yang memiliki bakat yang sangat hebat dalam dirinya, namun dia tidak mampu menemukan dan memanfaatkan dengan baik, bahkan dia bekerja tidak sesuai dengan potensinya, sehingga tidak ada prestasi besar yang dia torehkan. Sebaliknya jika ada seseorang yang memilki banyak kekurangan dalam dirinya, namun dia mampu segera menemukan potensi yang tersimpan dalam dirinya dan mampu mengembangkan dan memanfaatkannya dengan baik, maka tunggulah prestasi-prestasi besar yang akan terukir oleh kerjanya. Bukankah banyak orang-orang yang memiliki keterbatasan namun mampu menorehkan prestasi yang luar biasa?
Jangan paksakan diri anda untuk melakukan sesutu yang anda tidak bisa dan tidak memiliki bakat dibidang tersebut. Karena akan banyak energi yang terbuang sia-sia ketika anda melakukan sesuatu yang anda sendiri tidak memiliki potensi dibidang tersebut.

Seorang pemain sepakbola akan mampu menorehkan prestasi yang besar ketika dia berada dilapangan hijau, bukan ketika dia berada di sirkuit arena balap. Seorang ilmuwan akan lebih nyaman dan dapat menghasilkan karya besar ketika dia berada di laboratorium untuk melakukan penelitian, namun dia tidak akan menghasilkan karya besar jika berdiri di atas panggung untuk bernyanyi.
Begitu pun anda! Anda akan mampu menjadi seorang yang sukses jika anda bekerja sesuai dengan bakat dan potensi yang melekat dalam tubuh anda!

Kenalilah keterbatasan anda, ukurlah kapasitas anda, dan kesuksesan anda didalam hidup ini menjadi pasti.
(Allama Iqbal)

Langkah pertama yang harus anda lakukan agar bisa mengenal bakat, potensi, dan keinginan anda dengan baik adalah dengan menjawab beberapa pertanyaan dibawah ini ketika anda berada dalam suasana santai, dan jawablah dengan jujur.
o Apa yang mendorong saya untuk bekerja
o Apa kelebihan yang saya miliki
o Apa kekurangan yang saya miliki
o Apakah kebutuhan dan nilai-nilai yang saya miliki
o Pekerjaan apa saja yang membuat saya merasa senang
o Prestasi apa saja yang pernah saya raih


Selamat berjuang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar